702 views

THROWB̶L̶O̶G̶BACK

Akhir-akhir ini gw kembali menulis blog lagi. Kalau biasanya gw menulis blog tentang berita, teknologi, tutorial, kali ini gw menulis tentang diri gw sendiri. Sebenarnya gw sendiri tidak bisa menulis cerita, merangkai kata, membuat pantun, apalagi puisi cinta. Zat introvert dalam tubuh gw mengharuskan melakukan hal itu.

Sebelum membuat blog ini, gw pernah membuat blog pribadi lainnya. Satu-persatu blog gw mati bagaikan hati yang tak pernah diisi pujaan hati. Saat itu gw beli domain berbayar dan menggunakan hosting gratis. Tapi entah kenapa niat gw untuk menulis belum tergerakan.

Suatu ketika domain gw expired dan blog gw dikerubungi sarang laba-laba, niat itu muncul kembali.

Akhirnya gw bulatkan tekad untuk benar-benar mengurus blog gw dengan penuh kasih sayang. Terciptalah blog gw ini, yang desainnya selesai dalam waktu seminggu ‘jika dikerjakan’. Meskipun dalam hitungan beberapa bulan kedepan domain gw expired. Domain blog pertama gw cukup mahal. Karena menggunakan domain .ID yaitu domain Indonesia khusus 2 karakter. Setahun saja gw harus membayar sekitar 300K. Jadi gw buat 2nd domain tld yang baru sesuai username gw di semua media sosial.

Kenapa blog gw pakai 2 domain? Karena kalau satu entar kesepian ): . Domain yang kedua untuk cadangan jika gw gak bisa renew domain yang pertama. Namun karena domain gw yang pertama ekslusif menggunakan .ID jadi gw pertahanin sebisa gw. Biar di bilang keren gitu, pakai domain dot ID padahal mah kere :).

Domain kedua gw terbilang unik. Karena menggunakan ektension .com dan memakai nama yang aneh. Baru berusia sebulan domain kedua gw sudah cukup di kenal dan terindex google. Lumayan lah daripada LuManyun. Mulai dari SEO, Hosting, Desain, Appreance, Theme, semuanya gw urus dan harus sempurna. Tiap minggu gw backup data di blog gw agar mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Hosting yang gw pakai sebenarnya gratisan. Memang sih hosting gratisan itu tidak di sarankan, Bisa saja sewaktu-waktu hosting nya tutup dan data nya hilang begitu saja. Ya semoga saja gw segera bisa beli hostingJ (kode biar ada yang donasi :p ). Jika memiliki biaya lebih pakailah hosting yang berbayar.

Platform blog yang gw gunakan yaitu wordpress. Kenapa gw milih wordpress? Bukannya blogspot lebih simple ya? Pasti dari kalian ada yang berpikiran seperti itu. Singkatnya karena ‘WORDPRESS LEBIH DARI BLOG #DAMN!’ .  Kelihatannya emang ribet, tapi sebenarnya kita lebih leluasa mengatur blog kita. Tidak seperti blogspot, kita terpaku dengan pengaturan yang itu-itu saja.

Gw pertama kali bikin blog ketika SMP. Saat itu gw iseng-iseng buat blog karena pengen dapat uang. Bermodalkan sisa uang jajan, gw main d warnet. Blog pertama gw tentang tutorial hacking. Ya saat itu memang gw lagi sukanya hal-hal yang berbau hacker. Semuanya gw pelajari dari internet,  mulai dari yang terkenal ‘cara hack fb mantan’ sampai ‘cara balikan sama mantan’.

Entah sudah berapa kali gw buat blog yang sampai sekarang cuma jalan ditempat itupun sumbernya copas. Gw sebenarnya paling benci plagiat, itu sama saja seperti pencuri. Apalagi plagiat tanpa permisi. Ketidakbisaan gw menulis mengharuskan melakukan hal itu.

Sekarang gw sadar, perlahan tapi pasti gw mulai belajar. Kedepannya gw menulis blog langsung  dari pikiran dan perasaan gw. Walaupun yang gw tulis tidak begitu penting-penting amat. Jika ada yang membaca cukup membuat gw tersenyum. Susunan kata, diksi, tanda baca, tatanan bahasa masih begitu berantakan, oleh karena itu mohon diberi masukan dan kritikan.

Tidak semua kata dapat di ungkapkan, dengan menulis tak ada kata yang tak terungkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2018 DAN. All rights reserved.
Powered by